Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmu Allah Seluas Samudera, Ilmu Manusia Setitik Air


Oleh: Minah S.Pd.I

Soeara-peladjar.com - Manusia hidup di dunia ini, tak sekadar hidup dan bebas melakukan semauanya. Akan tetapi, dia harus menjalani kehidupannya sesuai dengan aturan dari Rabbnya. Karenanya, manusia haruslah memiliki ilmu untuk melakukan semua itu.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim. Dengan ilmu Islam yang dia miliki akan pasti bermanfaat baginya dan dengan ilmu tersebut dia akan mampu menjalani kehidupan dunia dengan benar. Dia akan beriman kepada Allah serta menjalankan aturan dari Allah swt.

Namun, ilmu manusia tak ada apa-apanya dengan ilmu Allah, oleh karenanya  dengan ilmu yang kita miliki tak pantas untuk sombong, tak pantas untuk merasa lebih pintar, tak pantas merasa lebih benar dari yang lain. Akan tetapi, kita akan terus menuntut ilmu Islam dan menyampaikan kepada yang lain. Berbagi ilmu terhadap sesama. Saling mengingatkan bukti sayang terhadap saudara semuslim.

Perbandingan ilmu Allah dengan ilmu manusia ibarat setetes air diatas lautan samudera yang luas. Meskipun begitu, terkadang manusia sombong dengan ilmunya. Sehingga dengan ilmunya tersebut terkadang dia merasa paling benar. Saat dingatkan malah marah bahkan mengatakan “kamu tahu apa dengan ilmumu, aku sudah tahu kog. Jadi kamu tdak perlu mengingatkan aku” astaghfirullah. Janganlah kamu merasa sombong dengan ilmu yang kamu dapatkan. Apa yang patut kamu sombongkan hanya dengan sedikit ilmumu? Sedangkan Allah lebih luas ilmuNya.

“ Dan seandainya  pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan menjadi tinta, ditambahkan kepadanya tujuh laut setelah ia kering, niscaya kalimat Allah tidak akan habis ditulis. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa Maha Bijaksana. Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkanmu itu melainkan hanyalah seperti menciptakan satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Luqman : 27-28)

Allah swt telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Ini adalah fenomena yang sangat mengesankan dan menakjubkan akal manusia. Hendaklah selalu mentadabburi ayat-ayat Allah swt baik ayat Qauliyah/Alquran maupun kauniyah/alam semesta. Karena disana terdapat lautan ilmuNya serta dorongan untuk mengkaji dan mengamalkannya. Sungguh ilmu Allah Maha Luas sedangkan Ilmu manusia sangatlah terbatas. (ar)

Posting Komentar untuk "Ilmu Allah Seluas Samudera, Ilmu Manusia Setitik Air"