Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JIPON, Jilbab Poni


Oleh: Rantika Nur Asyifa

Istilah "JIPON" ini sudah tak asing lagi ditelinga para muslimah, banyak banget remaja dan para ibu yang melakukan istilah itu. Entah sejak abad berapa istilah ini muncul, namun seiring perkembangan zaman, jilbab poni ini semakin banyak followers nya lho...

/Apa sih JIPON itu ?/

"JIPON" adalah singkatan dari Jilbab Poni. Dan Jilbab Poni sendiri yaitu khimar yang dipakai tanpa ciput, sehingga rambut bagian atas terlihat dan semakin lama bergerak maka rambut itu akan semakin banyak keluar menyerupai poni.

Budaya jipon ini jangan di follow ya sobat perubahan. Because, itu tidak sesuai dengan kewajiban kita sebagai kaum hawa, yaitu menutup aurat dengan sempurna. Sangat tidak pantas jika ketika kita memakai kerudung, bagian aurat lainnya tidak tertutupi dengan sempurna.
Menutup aurat sudah jelas kewajiban muslimah yang sudah pasti harus dilaksanakan sebagai bentuk kepatuhan, ketaatan, dan ketaqwaan kita kepada Allah. Namun taukah sobat, bahwa jilbab dan khimar itu berbeda. Mungkin sekilas istilah jilbab, khimar dan hijab itu sama, namun pada kenyataannya itu berbeda. Yuk kita perjelas Chek it out ...

1. Hijab
Hijab dalam bahasa Arab berarti “penghalang”. Sedangkan dalam keilmuan Islam, hijab sendiri lebih merujuk pada tata cara berpakaian yang pantas dan menutup aurat sesuai syariat agama.

2. Jilbab
Jilbab adalah gamis longgar yang dijulurkan ke seluruh badan hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh, Jilbab juga biasanya menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, kaki dan wajah, seperti tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59 :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin agar hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”

3. Khimar
Khimar, atau dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah Khumur, adalah kain yang menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala hingga seluruh dada tertutupi. Sebagaimana Allah Ta’ala menyebutkan istilah khimar dalam firman-Nya :

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar kedadanya…” (QS. An Nuur: 31).

Nah, sobat perubahan jadi sudah jelas kan perbedaan mengenai ketiga istilah tadi (hijab, jilbab, dan khimar). So, jangan sampai tertukar ya...

Demikian pula dengan "JIPON" atau jilbab poni, istilahnya saja sudah salah apalagi jika dilakukan, jadi jangan sampai salah tindakan. Hendaknya para Muslimah yang shalihah tidak sekedar mengetahui makna hijab, khimar dan jilbab, namun juga mempelajari mengenai syarat-syarat hijab yang syar’i.

Syarat-syarat hijab Muslimah yang syar’i adalah sebagai berikut:
(1) Menutupi seluruh tubuh kecuali yang tidak wajib ditutupi.
(2) Tidak berfungsi sebagai perhiasan.
(3) Kainnya tebal tidak tipis.
(4) Lebar tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh.
(5) Tidak diberi pewangi atau parfum.
(6) Tidak menyerupai pakaian lelaki.
(7) Tidak menyerupai pakaian wanita kafir.
(8) Bukan merupakan libas syuhrah (pakaian yang menarik perhatian orang-orang).
(Al Ikhtiyarat Al Fiqhiyyah Lil Imam Al Albani, 394).

Itu dia penjelasan mengenai jilbab poni dan istilah-istilah lain dalam menutup aurat. So, karena syarat-syarat dan penjelasannya sudah diberikan, maka tinggal sekarang diamalkan. Selamat beramal sholih ya sobat perubahan. (reper/yuni)

Posting Komentar untuk "JIPON, Jilbab Poni"