Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salamah bin Hisyam dan Ayyash bin Rabi’ah


Oleh: Mia Fitriah Elkarimah


Salamah bin Hisyam adalah saudara kandung dari Amr bin Hisyam, seorang pemimpin penduduk Mekkah, Amr bin Hisyām atau dikenal dengan abu Jahl atau abu Hakam, yang terkenal  permusuhannya terhadap kaum Muslim. Ia memiliki anak yang memeluk agama Islam dan diyakini oleh umat Islam sebagai salah seorang syuhada, ia bernama Ikrimah bin Abu Jahl.


Sedangkan Ayyash bin Robiah  adalah saudara tiri Abu Jahl  dari pihak  ibu dan sepupu dari pihak ayah.


Mereka termasuk golongan awal yang masuk Islam. Saat Abu Jahl   mengetahui keislaman Salamah bin Hisyam dan Ayyash bin Rabi’ah, maka keduanya pun dikurung dan diborgol bersama.


Abu Jahl bin Hisyam menyiksa 'Ayyash  dan Salamah yang merupakan saudara sendiri  dengan siksaan yang luar biasa. 


Ketika itu Nabi mendoakan dua orang ini dan orang-orang lemah dari kaum muslimin dari ancaman siksaan keluarganya dan kaum musyrikin Mekah di akhir rakaat sholatnya.


عن أبي هريرة -رضي الله عنه- أنَّ النبيَّ صلى الله عليه وسلم كان إذا رفع رأسه من الركعة الآخِرة، يقول: «اللهمَّ أَنْجِ عَيَّاش بن أبي ربيعة، اللهمَّ أَنْجِ سَلَمَة بنَ هشام


Dari Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu- bahwa Nabi Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- apabila mengangkat kepala dari raka'at terakhir, beliau berdoa, "Ya Allah! Selamatkanlah 'Ayyāsy bin Abi Rabī'ah. Ya Allah! Selamatkanlah Salamah bin Hisyām. 


Salamah wafat ketika Abu Bakar mengirim pasukan untuk melawan Romawi ke Syam, sedangkan Ayyāsy bin Abi Rabī'ah wafat dalam perang Yarmuk di masa Khalifah Umar,  wafat bersama dengan saudaranya dan keponakannya, Harits bin Hisyam dan Ikrimah bin Abu Jahl. (reper/baim)

Posting Komentar untuk "Salamah bin Hisyam dan Ayyash bin Rabi’ah"