Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramadhan tapi Mager, Rugi dong!


 Oleh: Minah Mahabbah

(Penulis dan Praktisi Remaja)


Sob, Ramadhan itu indah loh, di dalamnya penuh berkah, rahmat dan ampunan. Bulan yang  paling mulia di sisi Allah. Kita sebagai seorang Muslim kudu semangat nih berpuasa di bulan Ramadhan. Kalau kita menjalani ramadhan tapi mager, rugi dong!


Kita nggak mau kan, jika ramadhan lewat begitu saja tanpa merasakan keindahan dan keistimewaannya, yang kita dapat hanya lapar dan dahaga saja. Namun, kita harus mampu menahan hawa nafsu, menghindari maksiat dan mengisi atau menghidupkan ramadhan kita dengan hal-hal yang bermanfaat.


Coba deh kita simak sabda Rasulullah Shollallahu ‘alaihi Wasallam dalam khutbahnya tentang ramadhan adalah:


"Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan-Nya. Di bulan ini napas-napasmu menjadi tasbih, tidurmu

adalah ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah.”


Masya Allah, ternyata sobat, sudah sangat gamblang diterangkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tentang apa itu Ramadhan. Rugi dong jika kita hanya mager dan nggak bisa memanfaatkan bulan spesial ini, bulan yang penuh ampunan.


Sangat disayangkan jika Ramadhan tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Padahal di bulan ini obral pahala begitu banyaknya. Seperti sabda Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi wasallam. dalam sebuah hadits qudsiy: “Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa benar-benar lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kesturi. Dia meninggalkan makanannya, minumannya, dan syahwatnya semata-mata karena Aku. Puasa itu adalah bagi-Ku. Dan Aku sendirilah yang akan memberikan pahalanya. Dan kebajikan (pada bulan Ramadhan) diberi pahala dengan sepuluh kali lipat kebajikan yang semisalnya.” (HR. Bukhari dari Abu Hurairah)


Nah sob, ramadhan jangan mager, kita harus menghidupkan ramadhan. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menghidupkan ramadhan? 


Pertama, Bermesraan dengan Al-Qur’an


“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara haq dan batil)”. (QS. al-Baqarah:185)


Membaca Al-Qur'an memang benar-benar memberi efek yang luar biasa. Selain pahala yang berlipat ganda, efek sampingannya adalah ademnya hati ketika sedang membaca ataupun mendengarkannya. Bahkan bisa meneteskan air mata.


Sungguh dahsyat Al-Qur'an itu, sebagai penyejuk hati, petunjuk dan kebenaran, pemberi kabar gembira, pembawa peringatan, penerang serta pemberi cahaya menuju jalan lurus. Oleh karena itu, saatnya ramadhan ini, kita bermesraan dengan Al-Qur'an. Membacanya dan memahami isinya. Namun, membacanya tidak hanya ramadhan saja sobat, tetapi setelah ramadhan pun harus dibaca, dipahami dan mengajarkan isinya.


Kedua, Sholat Malam


Pada bulan ramadhan, perbanyak sholat malam, seperti terawih, witir atau tahajjud. Kita menghidupkan malam-malam ramadhan untuk semakin dekat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'aala, amalan ibadah ditingkatkan. Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan satu kebaikan, maka nilainya sama dengan mengerjakan satu ibadah wajib pada bulan lain. Siapa saja yang mengerjakan satu perbuatan wajib, maka nilainya sama dengan mengerjakan tujuh puluh kebaikan di bulan yang lain. Masya Allah.


Ketiga, Memperbanyak Sedekah


Sedekah yang paling baik adalah saat di bulan ramadhan, karena segala amalan dilipatgandakan. Pada bulan ramadhan, bersedekah yang paling mudah adalah memberi makan kepada orang yang berbuka puasa walaupun hanya dengan sebutir kurma dan seteguk air. “Siapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa akan mendapatkan pahala sebesar pahala puasa orang yang berbuka puasa tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun” (HR At Tirmidzi).


Keempat, Memperbanyak Doa


Pada Bulan ramadhan, kita juga harus memperbanyak doa. Agar segala amalan yang kita lakukan bernilai pahala dihadapan Allah. dan Allah balas dengan memberikan pahala berupa surga-Nya. Kita beramal sholeh hanya ingin mendapatkan ridho Allah, sehingga amal yang kita lakukan tidak sia-sia. Karenanya, perbanyaklah doa di bulan ramadhan.


Kelima, Mengkaji Islam


Mengkaji Islam atau Menuntut ilmu itu adalah suatu kewajiban bagi setiap individu Muslim. Dengan menuntut ilmu, kita akan mengetahui hukum-hukum Islam yang wajib kita ketahui.


Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:


“Siapa saja yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah pasti akan membukakan bagimu suatu jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat akan melebarkan sayap keridhoan bagi seorang pencari Ilmu. Sesungguhnya seluruh makhluk yang ada di langit maupun yang ada di bumi hingga bahkan ikan-ikan di dasar laut akan memintakan ampunan kepada Allah bagi seseorang yang berilmu. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dengan seorang ahli ibadah adalah laksana keutamaan cahaya bulan purnama pada malam hari atas seluruh cahaya bintang. Sesungguhnya pula, orang-orang yang berilmu (para ‘alim ulama) adalah pewaris para Nabi, sementara para Nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan Ilmu. Karena itu, siapa saja yang mengambil ilmu, ia berarti telah mengambil bagian yang sangat besar.” (HR. Abu Dawud, ibnu Majah, at- Tarmidzi).


Masya Allah, dengan menuntut ilmu Islam, Allah memudahkan jalan menuju surga, bahkan dikatakan dalam Al-Qur'an bahwa orang-orang yang berilmu itu akan diangkat derajatnya oleh Allah. Dengan ilmu kita akan mengetahui kesempurnaan Islam.


Keenam, Meningkatkan Aktifitas Dakwah

Sobat, Kita juga harus meningkatkan aktifitas dakwah, agar teman atau saudara kita, bisa tercerahkan hatinya dengan Islam, semakin paham akan indahnya Islam. dengan cara dakwah atau menyampaikan kebenaran. Saling menasihati antara sesama, menyampaikan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. Menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.


Nah sobat, menjalani ramadhan tapi mager, rugi dong. Oleh Karena itu,  yuk hidupkan ramadhan kita, tidak hanya tidur-tiduran, akan tetapi mengisinya dengan bermesraan dengan Al-Qur'an, sholat malam, memperbanyak sedekah, memperbanyak doa, mengkaji Islam dan meningkatkan aktifitas dakwah. Dengan begitu puasa kita nggak akan sia-sia. So, berikan yang TERBAIK untuk ALLAH, maka kita akan mendapatkan yang TERBAIK dari ALLAH yakni kebahagiaan dunia dan akhirat. Yuk hidupkan ramadhanmu! Wallahua'lam. []

Posting Komentar untuk "Ramadhan tapi Mager, Rugi dong!"