Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menciptakan Kenangan Terindah


 


Oleh: Mochamad Efendi


Gaes, apa yang kau alami saat ini akan segera berlalu dan menjadi sebuah kenangan. Ciptakan kenangan indah dengan kebaikan yang kau lakukan.. Jejak-jejak kebaikan akan menjadi kenangan indah yang layak diingat. Sementara keburukan hanya jadi penyesalan karena tidak mungkin kita mengulang waktu untuk sekedar memperbaikinya atas kisah buruk yang tercipta oleh tangan, kaki dan lisan kita. 


Waktu akan terus berlalu dan terkadang tidak kita sadari tergores kisah menyakitkan dan melukai orang-orang disekitar dan menjadi kenangan buruk yang sering tidak bisa dilupakan. Segeralah minta maaf jika kita menyadarinya atau kenangan buruk itu akan terbawa sepanjang hidup mereka, bahkan dibawa sampai mati. Hati-hati jangan sampai itu terjadi, karena bisa menjadi masalah dalam  hidup kita jika ada hati yang tersakiti oleh perbuatan kita. Sering kita mengalami kesulitan dan keburukan dalam hidup bisa jadi karena benih-benih keburukan yang kita tebar sebelumnya. Jadi jangan kau remeh sesuatu yang buruk yang bisa jadi sudah menyakiti teman dan saudara kita secara tidak kita sadari 


Makanya, gaes jangan suka membully hanya untuk sekedar menggoda dan ingin mencari kepuasan hati. Jangan pula mudah mencaci dan menyalahkan dengan lisan kita. Jangan pula mudah menebar janji jika tidak mampu menepatinya. Hati-hati dengan apa yang kau lakukan jangan sampai mekukai dan.  menciptakan kenangan buruk bagi orang lain dan dibawa sepanjang hidupnya. Bisa jadi itu menjadi masalah atau kesulitan dalam hidup kita akibat dari perbuatan di masa lalu. 


Gaes, jika kamu tidak mampu membuat senang orang lain setidaknya jangan membuat dia bersedih. Kalau kata-katamu tidak membuat orang suka, setidaknya jangan membuat dia membenci. Biasakan untuk mengapreaisi, bukan mencaci dan mencari kesalahan orang lain. Jadilah pribadi  menyenangkan yang membuat setiap orang merasa nyaman dengan keberadaanmu. Tebar senyum, sapa hangat yang membuat setiap orang merasa nyaman saat bertemu kita.


Yakinlah kebaikan yang kau tebar dimasa lalu tidak hanya menjadi kenangan indah tapi juga akan tumbuh dan berbuah manis. Kamu bisa merasakan manisnya atas perbuatanmu sendiri. Bisa kemudahan hidup kau rasakan saat ini karena kamu yang suka menolong dan berbuat kebaikan di masa lalu. Sebaliknya goresan keburukan dimasa lalu menjadi kenangan buruk dan bahkan buah pahit yang mungkin kau rasakan akibat dari perbuatanmu sendiri.


Gaes, apa yang kau lakukan saat ini bisa menjadi buah manis atau pahi. Oleh karena itu jangan kau sepelekan setiap apa yang kau kerjakan. Jika merasa salah segera istighfar dan jika menyangkut orang lain segera minta maaf sebelum terlambat. Semoga hidupmu menyenangkan karena tebaran kebaikan yang tercipta oleh kedua tanganmu. Dan semoga menjadi jejak-jejak kebaikan yang mengantarkanmu ke surgaNya, sebaik-baik tempat kembali. []

Posting Komentar untuk "Menciptakan Kenangan Terindah"