Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menemukan Tujuan Hidup dalam Islam

Oleh: Rantika Nur Assiva


Assalamu'alaikum sobat. Bagaimana kabarmu ?. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT yaaa.


Hai sobat, masih dalam suasana ramadhan nih, ada yang sudah bolong belum puasanya ?. Hayoooo hehehe. Semoga Allah kuatkan diri kita untuk menahan nafsu ya, entah menahan diri dari emosi, lapar-haus, dan sebagainya.


Oh ia sobat, mimin mau tanya dong, sudahkah kalian mengetahui dan menemukan tujuan hidup ?. Apakah masih ada yang bingung tentang tujuan hidup mu itu apa ?


الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَا مًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَا طِلًا  ۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَا بَ النَّا رِ


"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka."

(QS. Ali 'Imran : 191)


Tapi sebelumnya mimin mau kasih tau nih kenapa setiap manusia harus memiliki tujuan hidup.


Pertama, Memberikan arah : Tujuan hidup membantu seseorang menetapkan apa saja yang harus diprioritaskan dan membuat keputusan yang sesuai dengan nilai-nilai serta aspirasi mereka.


Kedua, Memberikan makna : Tujuan hidup memberikan makna yang lebih dalam kepada setiap tindakan dan pengalaman, membantu seseorang menemukan kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup.


Ketiga, Memberikan motivasi : Tujuan hidup memotivasi seseorang untuk terus berkembang, belajar, dan berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.


Terakhir, Membantu dalam pengaturan diri : Dengan memiliki tujuan hidup, seseorang dapat menghindari perasaan hampa dan terombang-ambing dalam hidup, serta menjaga keseimbangan antara aspek material dan spiritual dalam kehidupan.


Nah, karena sobat sudah tau pentingnya kita memiliki tujuan hidup. Sekarang kalian bisa jawab pertanyaan mimin di atas yaaa. Tapi bagaimana jika masih ada yang bingung tentang tujuan hidupnya ?. Atau ada yang pengen tau, tujuan hidup yang sebenarnya itu apa ?. Ok deh, mimin kasih tau, disimak yaaa


Mungkin diantara kalian, ada yang tujuan hidupnya ingin sukses karir, atau ingin kaya (punya rumah, mobil, dan kehidupan yang layak), atau ada yang tujuannya hanya untuk berfoya-foya.


Tujuan hidup itu bukan hanya sekedar penghidupan yang layak atau bersenang-senang di dunia saja ya sobat, tapi juga harus ditujukan sampai ke akhirat.


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :


اَفَحَسِبْتُمْ اَنَّمَا خَلَقْنٰكُمْ عَبَثًا وَّاَنَّكُمْ اِلَيْنَا لَا تُرْجَعُوْنَ


"Maka apakah kamu mengira bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?"

(QS. Al-Mu'minun : 115)


Dalam Islam, tujuan hidup manusia sama dengan tujuan diciptakannya manusia oleh Allah SWT, sebagaimana Allah berfirman:


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَا لْاِ نْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ


"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku."

(QS. Az-Zariyat : 56)


Dari ayat tersebut, jelas bahwa penciptaan manusia dan jin adalah untuk tujuan beribadah kepada Allah SWT. Ketika seorang Muslim menyembah Allah SWT, dia benar-benar menerima Ketuhanan-Nya yang sama seperti yang mereka lakukan pada sumpah yang diambil sebelum kelahiran.


Karena sekarang sobat sudah mengetahui tujuan hidup kita yang sebenarnya sebagai manusia, maka tujuan ini jadikan prioritas utama dan untuk tujuan lain yang ingin dicapai silahkan saja tapi tidak menghalangi atau melupakan tujuan utama yang harus diprioritaskan. Semoga bermanfaat... Wallahua'llam bishawwab. []

 

Posting Komentar untuk "Menemukan Tujuan Hidup dalam Islam"