Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat Tidak Ada Ide untuk Ditulis


 Oleh: Mochamad Efendi


Menulis adalah kebiasaan baik yang harus dipertahankan. Pikiran akan jernih jika terus dialirkan menjadi tulisan yang siap untuk menginspirasi orang lain. Kita bisa berbagi pengalaman, tips dan nasehat lewat tulisan. Namun, terkadang kita merasa tidak ada ide untuk ditulis sehingga terbesit niat untuk berhenti menulis. Padahal, banyak ide berseliweran disekitar  yang bisa ditulis jika kita peka dan mampu melihat satu hal dari berbagai sudut pandang.  


Jangan khawatir tidak ada ide, karena diri sendiri bisa jadi ide menarik untuk ditulis. Pengalaman dan masalah hidupmu bisa menjadi ide. Saat kamu sendirian apa yang kau rasakan; bosan, marah dan sakit bisa kau ceritan dalam rangkaian kata-kata dan jadikan satu tulisan dengan sentuhan solusi Islami dari masalah yang kau hadapi. Dari sepenggal Kisah hidup, pasti ada hikmah yang bisa dibagi pada orang lain lewat tulis.  


Berinteraksi dengan orang lain bisa memberikan ide untuk dijadikan tulisan. Saat kita diskusi, ngobrol santai bersama teman atau saudara tiba muncullah satu ide. Segera ikat dengan HP di tangan dalam kata-kata yang bisa diingat. Ide menarik tadi bisa diteruskan menjadi satu paragraf dan dilanjutkan lagi sampai jadi satu tulisan yang bisa dibagi di sosmed agar lebih banyak orang membacanya. 


Membaca juga bisa memunculkan ide yang bisa ditulis. Baca artikel atau berita akan memberi inspirasi untuk menemukan ide dan menulis akan mendorong kita untuk suka membaca. Dari satu tulisan yang ada bisa dikupas dari sudut pandang yang berbeda dengan rangkaian kata-kata sendiri. Bukan plagiat tapi jadilah tulisan original kita sendiri. Saat menulis jangan lakukan sambil membaca karena takutnya kita mengambil tidak hanya idenya tapi juga kalimat yang ada dalam tulisan. Kalaupun terpaksa kita harus mengambil kalimat itu, beri tanda quotes. Seperti halnya saat kita mengambil satu ayat dalam Al-Qur'an.  


Mengunjungi tempat tertentu bisa jadi satu cara untuk bisa menggali ide sebagai bahan tulisan. Sewaktu-waktu bisa ajak keluarga untuk makan di restauran. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menulis sambil menikmati kebersamaan dengan keluarga dalam suasana berbeda. Saat kamu menjenguk teman di rumah sakit, bisa jadi ada ide yang bisa ditulis. Atau bagi mereka yang punya hobi travelling, saya yakin ada banyak ide yang bisa ditulis  


Jadi gaes tidak ada alasan berhenti menulis karena tidak ada ide. Kebiasaan baik harus dipertahankan.Teruslah berkarya dengan menulis untuk menginspirasi umat. Jangan berfikir imbalan yang akan didapat dari satu tulisan. Rezeki dari Allah bukan dari apa yang kita kerjakan  Jika kita niatkan menulis untuk dakwah menyebarkan agama Allah, insyaAllah hidup akan berkah dan indah. []

Posting Komentar untuk "Saat Tidak Ada Ide untuk Ditulis"