Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetaplah Optimis Dalam Menjalani Hidup

Oleh: Mochamad Efendi


Memang benar kita tidak bisa memastikan hasil, karena hasil adalah urusan Allah SWT. Segala sesuatu bisa terjadi karena izin Allah Yang Maha Kuasa dan Berkehendak atas segala sesuatu. Tapi kita harus tetap optimis dalam hidup agar hidup ini terasa mudah dalam melangkah. Optimisme akan mengalirkan energi positif agar kita tetap semangat dalam berusaha untuk mewujudkan sebuah hasil yang kita inginkan. 


Sementara, pesimisme hanya akan melemahkan kita dalam berusaha. Sering kita ragu dan takut mencoba dan putus asa setelah gagal dalam usaha yang setengah hati. Jangan bermimpi gaes, mengharapkan sesuatu tapi tidak mau berusaha untuk mewujudkannya 


Sebagai contoh, kamu berharap berprestasi dan dapat nilai bagus di sekolah, tapi malas dalam belajar. Bagaimana bisa kamu berharap sesuatu, tapi tidak ada usaha untuk mewujudkannya. Tentunya, jika ingin juara di kelas kamu harus belajar sungguh-sungguh dengan banyak membaca agar pengetahuan bertambah dan banyak berlatih agar kamampuan mu semakin canggih. Meskipun usaha mu belum berhasil seperti yang diharapkan, teruslah berusaha dengan usaha maksimal, tapi jangan lupa berdo'a agar Allah memberikan mu kemudahan untuk mewujudkan apa yang kau inginkan.  


Gaes, tetaplah berharap Rahmat Allah, meskipun terkadang apa yang kau dapat jauh dari harapan. Tetap optimis dalam usaha mu dan berfikir positif bahwa kemudahan dan keinginan bisa terwujud segera karena Allah. Kita diperingatkan dalam surat Hud ayat 9 untuk tidak berputus asa dari rahmatNya.


Namun jangan takabur saat usaha mu berhasil. Kamu harus tetap bersikap tawaduk, rendah hati serta tidak menyombongkan diri baik dalam ucapan ataupun perilaku terhadap manusia lainnya. Dalam Islam, pentingnya bersikap tawaduk tertuang dalam Alquran surat Al Furqon ayat 63. Ingatlah gaes, keberhasilan yang kau dapat bukan semata-mata usaha mu, tapi semua itu karena RahmatNya. 


Semoga kamu bisa menjadi pribadi kuat yang menatap masa depan dengan penuh optimisme. Jadilah kegagalan sebagai pelajaran untuk terus maju dalam meraih cita-cita mu. Tapi, ingat tetaplah bersikap tawaduk dalam hati maupun perbuatan. Dan jadilah kebanggaan orang tua serta pribadi yang menginspirasi kebaikan dalam hidup ini. []

 

Posting Komentar untuk "Tetaplah Optimis Dalam Menjalani Hidup"